Kunjungan Lapangan Bali Echo Club…… KAMPANYE BALI INDAH

 

Anggota Eco Club dari SMAN 1 Dawan di Temesi Recycling
Anggota Eco Club dari SMAN 1 Dawan di Temesi Recycling

Pada saat kunjungan lapangan minggu lalu ke pusat daur ulang dan salah satu bisnis di pulau ini dengan kesadaran lingkungan, 30 siswa SMA dari Dawan, kepala sekolah dan para guru. Bagaimana upaya daur ulang sekolah mereka masuk dalam Gambaran yang lebih besar dari membersikan polusi plastic untuk Kampanye Bali Indah.

Dan kami bersenang-senang.

Anggota Eco Club di dalam Bus
Anggota Eco Club di dalam Bus

Beberapa waktu lalu, Eco Club Sman 1 meresmikan program daur ulang sekolah yang bekerjasama dengan Ashram Gandhi Puri. Para anggota club bertanggung jawab untuk melakukan daur ulang itu, dan mendidik komunitas sekolah mengenai pentingnya memerangi polusi plastic dan Kampanye Bali 

Pemberhentian pertama adalah Temesi Recycle yang mengambil sampah plasti, kaca dan kertas kami. Kemudian mereka menjual dengan nilai tinggi material daur ulang di Bali dan menyebrangkan limbah dengan hara rendah ke Surabaya dimana limbah tersebut akan didaur ulang menjadi produk baru.

Di Temesi Recycling
Di Temesi Recycling

 

 

 

Pemisahan sampah plastic dan sampah rumah tangga di temesi
Pemisahan sampah plastic dan sampah rumah tangga di temesi

Pemberhentian selanjutnya, tim Bali Recycling menunjukan kami bahwa operasi mereka sangat effesien, dan kemudian kami dibawa untuk mengunjungi tempat pembuangan sampah ilegal di Kabupaten Gianyar yang dipenuhi dengan sampah yang menyerupai sungai. Para siswa sangat marah pada praktik illegal yang dibiasakan yang mencemari sungai dan tanah.

Tempat Pembuangan sampah Ilegal menyerupai sungai, kabupaten gianyar.
Tempat Pembuangan sampah Ilegal menyerupai sungai, kabupaten gianyar.

 

Persinggahan terakhir adalah ubud dimana pendiri yogabarn Kadek gunarta menceritakan sebuah cerita mengenai bisnis nya yang menerapkan praktik kesadaran lingkungan. Dia juga menceritakan mengenai kesuskesan desa dan keluarga-keluarganya dan bisnis yang telah meluncurkan sistem yang kompherenshif untuk mengurangi limbah, menghemat energy, dan air dan daur ulang. Perjalanan ini diakhiri dengan catatan yang sangat positive.

Mitra Eco Club dengan Kadek Gunarta di Yoga Barn Ubud.
Mitra Eco Club dengan Kadek Gunarta di Yoga Barn Ubud.

Masih banyak yang harus kami pelajari untuk menjadi anggota eco club. Namun, kami yakin ini akan menjadi pengalaman belaajr yang sangat bagus bagi semua pihak. Bahkan, hari ini SMAN 1 melaksanakan hari bersih-bersih se-desa dimana anggota eco club memimpin pembersihan dalam mengambil dan mendaur ulang plastic dan limbah lainnya.

Program daur ulang SMAN 1 Dawan adalah hubungan kerjasama antara sekolah dengan Ashram Gandhi Puri. MItra utama kami lainnya adalah Ahimsa in Acion yang mendanai seluruh kegiatan ini. Temesi Recycling yang mengambil Limbah dan Yoga Barn yang berkontribusi dalam pendanaan penampungan Daur uang dan Gudang penyimpangan.

Apabila anda ingin membantu mengembangkan program Kampanye Bali Indah ini, silahkan mempertimbangkan untuk menyumbang ke Ahimsa In Action. Donasi Anda sudah termasuk potongan pajak di USA. Kunjungi http://www.AhimsaInAction.com dn klik support pada pojok atas pada homepage.

Kepala Sekolah, Pak Dave dan Kawenuh.
Kepala Sekolah, Pak Dave dan Kawenuh.
Makan Siang di Yoga Barn
Makan Siang di Yoga Barn
Pemisahan sampah di Temesi
Pemisahan sampah di Temesi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s