Kampanye Bali Indah

Polusi sampah plastic adalah masalah besar di Bali. Dapat dilihat pada setiap sungai, pantai, desa, tempat Ibadah dan tentunya rumah tangga menjadi tercemar oleh pembuangan sampah botol, tas, dan sampah plastic lainnya.

Trash_640

Langkah pertama adalah membersihkan tempat yang kita sudah kotori.

You must be the change you want to see in the world.”  -Gandhi

Kami memutuskan suatu yang cukup adalah cukup. Kami meneliti apakah ada tempat mendaur ulang di pulau ini, dan ternyata ada, dan kami membuat suatu persetujuan bersama dengan mereka untuk mengambil sampah plastic kami.

Hal ini membutuhkan beberapa waktu bagi anggota ashram untuk menyerap konsep untuk mendaur ulang setelah seumur hidup mereka secara gampangnya membuang sampah sembarangan. Namun setelah beberapa bulan mereka mengerti dan memahami hal tersebut.

Kami mengetahui sebuah drama ketika Kadek dan Komang kembali dari liburan akhir pekan dari desa mereka, mereka memberitahu kami bahwa mereka membenci “sampah plastic”, mengotori rumah mereka dan betapa memalukan bahwa masyarakat tidak mendaur ulangnya.

Kami mengerti bahwa kami sudah mengalami kemajuan ketika kawenuh membicarakan untuk memulai program daur ulang kepada kepala sekolahnya. Kawenuh juga mengambil andil sebagai pemimpin di organisasi Eco Club pada sekolah untuk melaksanakan program dan mendidik seluruh siswa yang ada di sekolahnya.

Eco Club SMA1
Eco Club SMA1

Kami sudah mulai untuk memperluas lingkaran kecil dari operasi daur ulang ini kelebih banyak sekolah dan harapannya desa kami di Pakse Bali. Kami berharap untuk membuat suatu kemajuan, namun mengerti akan banyaknya rintangan yang akan kami hadapi yang mana kami akan selalu menginformasikan kepada anda.

Jika anda berkeinginan untuk membantu Kampanye Bali Indah, klik : Ahimsa In Action

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s